Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi – Menghadapi problem anak yang susah makan memang menjadi PR serius bagi seorang ibu. Umumnya mereka menolak makanan, tidak suka sayur, pilih-pilih menu dan anehnya lagi hanya mau mengkonsumsi satu jenis makanan saja.

Meski begitu, para orang tua pun telah melakukan berbagai cara seperti merayu, mengiming-imingi namun tak kunjung mau makan.

Pasti semua orang juga khawatir dengan kecukupan gizi si buah hati kan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sepertinya 6 tips dibawah ini patut anda coba.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

Bacaan wajib buat para mahmud dan tentunya untuk suami siaga haha, don't miss it !

1. Kasih Tahu Manfaat Makanan Tersebut

Memberikan pengetahuan tentang makanan yang dikonsumsi sangatlah penting bagi si kecil. Memang gampang-gampang susah karena si ibu harus kreatif sehingga penjelasan terhadap manfaat makanan tersebut tidak kaku atau membosankan.

Misalnya seperti ini “nak, wortel itu enak dan menyehatkan mata lho” hayo tebak kenapa? Lalu ibu menjawab “karena wortel banyak mengandung bla…bla...dan alasan lainya. Kurang lebih seperti itu.

2. Variasikan Menu Makanan

Cobalah sesekali memvariasikan makanan agar si kecil mau makan dengan lahap. Jadi tidak melulu menyajikan nasi putih terus menerus.

Sebagai contoh, kombinasikan antara nasi dan sayuran sehingga anak tidak merasa bosan atau berikan menu yang disukai disamping tetap menyelipkan makanan bergizi didalamnya.

3. Atur Jadwal

Ya, jadwal makan tidak boleh anda lupakan supaya anak terbiasa dan selalu ingat waktu untuk sarapan.

Jadi saat pagi, siang maupun malam hari, pastikan menu utama ada di meja makan. Kalo pun si kecil. sudah mulai bersekolah, minimal bawakan bekal nasi, lauk, sayur serta minuman untuk dibawa nantinya.

4. Hindarkan camilan pada jam makan

Sebaiknya jangan memberikan camilan pada si anak ketika mendekati jam makan. Bukan tanpa alasan, hal ini akan berdampak pada perasaan kenyang, sehingga setelah itu mereka justru akan menghindari bahkan tidak mau mengkonsumsi nasi atau hidangan makanan yang disediakan.

5. Buat aktivitas yang menyenangkan

Sebagai seorang ibu, tentu menginginkan anaknya tumbuh sehat dan kuat. Namun, ketika mereka susah makan seringkali ancaman dan hukuman datang begitu saja.

Padahal, itu bukanlah solusi terbaik karena justru memunculkan efek trauma psikologi. Nah, salah satu cara efektif untuk mengatasi hal tersebut yakni membuat suasana nyaman dan menyenangkan seperti mengajaknya bermain sembari disuapi atau kegiatan lainya.

6. Sajikan makanan dengan bentuk unik

Sudah pada tahu kan, usia anak-anak biasanya menyukai hal-hal baru. Ini bisa diterapkan untuk memberikan sajian unik agar mereka tertarik dan mau makan tanpa ada embel-embel disuruh maupun dipaksa.

Misalnya menghias menu nasi goreng dengan kecap lalu dibubuhi telur ceplok sehingga nampak seperti orang senyum. Boleh juga menggunakan cetakan nasi dari hello kitty, bunny dan bear.

7. Pakai piranti yang disukai

Solusi terakhir yakni memakai piranti unik supaya menarik perhatian si anak agar mau makan nasi. Misalnya piring bergambar kartun yang disukai kemudian ditemani oleh garpu-sendok dengan bentuk lucu.

Jadi, besar kemungkinan mereka akan tergugah keinginan untuk makan dan dapat melahap menu utama yang disediakan.

Demikianlah 6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi yang semoga dapat membantu anda para ibu-ibu dalam meningkatkan selera makan mereka.

Baca Juga:
1. Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum
2. Keponakan Ane Doyan Makan (Perut Buncit Usia Dini) wkkkk
3. Cara Mengatasi Anak Susah Minum Susu

Namun, jika semua cara diatas telah dicoba dan tidak ada kemajuan maka berikan vitamin khusus penambah nafsu makan atau lebih dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter anak ahli spesialis gizi. - alardologin.blogspot.com

No comments

Post a comment