Selain Modal Usaha Jasa Logistik, Inilah yang Harus Dipikirkan

Bisnis logistik merupakan sebuah bisnis yang begitu kompleks. Dalam menjalankan bisnis tersebut tidak hanya dituntut untuk bisa cepat namun juga harus menyadari bahwa banyak perusahaan jasa logistik yang menjadi pesaing usaha logistik Anda. 

Faktor terpenting dalam menjalankan bisnis logistics adalah Sumber Daya Manusia. Jika SDM memadai maka kemungkinan besar perusahaan logistik tersebut bisa memberikan mutu, kualitas dan pelayanan yang terbaik.

Berbicara soal modal usaha jasa logistik tentunya ada. Setiap usaha yang akan didirikan tentunya membutuhkan modal. Apalagi untuk modal logistics tidaklah sedikit.

Penetapan Modal Usaha Jasa Logistik

Modal usaha jasa logistik ternyata kini telah muncul dalam aturan Badan Usaha Angkutan Multimoda atau biasa dikenal dengan istilah bisnis logistik. Untuk bisa membuat perusahaan logistik lokal, pengusaha harus menyiapkan modal sebesar 1,2 miliar.

Perlu Anda ketahui bahwa penetapan minimal modal untuk membuka usaha jasa logistik ini ternyata berkaitan terhadap pelaksanaan pasar bebas logistik yang ada di negara ASEAN pada tahun 2013.

Indonesia pun tidak bisa mengelak terkait penentuan minimum modal tersebut karena sudah meratifikasi Framework Agreement on Multimoda Transport yang merupakan kesepakatan antar negara ASEAN (Selengkapnya di Wikipedia) yang dimana diperbolehkan untuk membuka jasa logistik di setiap negara.

Baca Juga:
- Peluang Jasa Logistics Indonesia Tahun 2016
- Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya di Indonesia

Dalam memulai bisnis logistik tidak hanya sekedar memerlukan modal usaha jasa logistik namun juga faktor lainnya harus Anda pertimbangkan.

Bisnis jasa logistics sendiri memiliki pilihan jenis jasa yaitu bisnis logistik yang dikirim menggunakan transportasi darat, transportasi udara maupun transportasi laut atau Anda bisa menggunakan 2 bahkan semua transportasi yang ada.

Namun bagi Anda yang masih pemula disarankan untuk menggunakan transportasi darat terlebih dahulu.

Selain Modal Usaha Jasa Logistik, Jalinan Kerjasama Juga Perlu

Anda juga bisa menentukan usaha logistik dari jenis penawarannya, apakah mau berupa jasa pengiriman barang, penyimpanan barang di gudang atau bisa juga memilih jasa logistik dengan skala nasional maupun regional.

Hanya saja untuk penawaran yang terakhir tadi harus membutuhkan kerjasama dengan pihak ekspedisi. Jika Anda mengambil penawaran dengan skala nasional maupun regional maka harus membutuhkan jaringan yang lebih luas lagi.

Mengingat menjalankan bisnis tersebut tidaklah mudah karena terdapat pengaturan yang rumit maka disarankan untuk bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan logistik lainnya yang sudah berpengalaman.

Salah satu referensi perusahaan jasa logistics yang sudah berpengalaman dalam urusan pengiriman dan penyimpanan barang dalam skala nasional maupun regional adalah IMS logistik.

Perusahaan ini membuka lebar kesempatan bagi Anda yang ingin menjalin kerjasama. Tidak perlu diragukan lagi bahwa IMS logistik telah menjadi perusahaan terkemuka dalam bidang logistics.

Jadi selain modal usaha jasa logistik, Anda juga harus memikirkan jalinan kerjasama agar bisnis logistik Anda berjalan sukses. - Alardologin

No comments

Post a comment