Stasiun Purworejo



Stasiun purworejo merupakan stasiun yang sangat bersejarah khususnya di kabupaten purworejo, sudah beberapa tahun terakhir stasiun purworejo terbengkalai tapi bukan berarti tidak terurus melainkan tidak ada transit lagi.

sedangkan menurut wikipedia: setiap harinya kereta feeder purworejo mengangkut penumpang pagi dan sore dan menjadi satu-satunya kereta yang melewati stasiun purworejo, dan sudah lama kereta ini di istirahatkan mengingat umur yang kian tua dan seperti kebanyakan yang berusia lanjut tentunya mudah lelah, singkat cerita kereta feeder tidak melakukan aktivitas biasa semenjak November 2010.

dan nampaknya tidak ada lagi geliat di tempat bersejarah tersebut, beberapa kata yang terlontar " sayang sekali " ya memang sangat disayangkan. Meskipun kabar yang terakhir saya dengar bahwa stasiun purworejo akan dijadikan wisata bersejarah, ya kita tunggu saja kebenaran info tersebut.

Stasiun Purworejo
stasiun purworejo terletak beberapa ratus meter dari alun-alun purworejo desain ala belanda yang masih berdiri kokoh bukti arsitektur jaman kependudukan belanda, seperti kebanyakan kabupaten lain di pulau jawa dalam satu lingkup terdapat rumah dinas bupati, masji/gereja dll yang saling mengelilingi alun-alun. banyak yang bilang, tempat bersejarah, situs-situs kuno identik dengan hal-hal mistis, well kenapa begitu whatever lah dengan hal-hal demikian, kenanglah sejarahnya, jadi saat masa jaya-jayanya dulu :D.

foto ini di ambil sambil naik tower, tapi lumayanlah :D ngalem dewe. okee, stasiun purworejo tergolong kecil, dengan rel-rel yang tampak amat usang dan berkarat, well saya pernah melintasi kali jali deket stasiun  kutoarjo bersama kakak saya untuk sekedar memfoto pemandangan, selepas kali jali rel yang menuju arah stasiun purworejo terpisah ke arah utara.

dari sini benar-benar tampak nyata bahwa rel menuju stasiun purworejo jarang di lalui, rumput ilalang yang tinggi memadati ruas-ruas rel, ya begitulah, karena pada dasarnya stasiun purworejo tidak bisa dikembangkan lebih jauh, mengingat lokasinya yang berada di pusat kota, mungkin stasiun purworejo lebih relevan jika di jadikan obyek bersajarah, haha, tapi ada benernya juga tuh.

Stasiun Purworejo
Untuk saat ini geliat stasiun di sekitar stasiun purworejo telah berpusat ke stasiun jenar, stasiun yang berada di pinggir kota dan masih memiliki area luas yang kosong di sekitarnya, sepertinya ada kemungkinan stasiun ini menjadi besar, ada satu nama stasiun lagi yang akan menjadi daya sokong untuk transit ke International Airpot di kulon progo yang masih dalam proses, untuk lebih lengkapnya search aja dah di google, saya malas harus ngubek-ngubek lagi :D.

tapi saya sempat iseng cari bahan ref untuk artikel saya ini ternyata nemu foto stasiun purworejo yang sangat unyu dan wah sepertinya wisata sejarah sebentar lagi akan ada open launching haha, cek juga dah digoogle dan bandingkan dengan foto yang saya ambil beberapa bulan yang lalu di stasiun purworejo, have fun blogging.

1 komentar:

  1. i love you purworejo......from bitung sulawesi utara

    ReplyDelete