Stasiun Kutoarjo



Stasiun kutoarjo merupakan stasiun kebanggaan masyarakat purworejo, salah satu stasiun tersibuk di indonesia, kenapa bisa begitu, stasiun kutoarjo merupakan stasiun yang sangat strategis karena dihimpit oleh stasiun besar yang berada di purwokerto, yogyakarta dan solo.

Stasiun kutoarjo berada di kelurahan kutoarjo, kecamatan kutoarjo, kabupaten purworejo. Di purworejo sendiri terdapat empat (4) stasiun yang dikatakan masih beroperasi, diantaranya stasiun kutoarjo, stasiun jenar meskipun stasiun butuh dan purworejo nampaknya belum berkembang, atau mungkin sengaja tidak dikembangkan mengingat usia dan tempat yang kurang strategis.

meskipun demikian menurut saya stasiun butuh merupakan salah satu stasiun yang sangat potensial di kabupaten purworejo karena berada di dekat kecamatan dan hannya puluhan meter dari pasar butuh,

itu semua demi memajukan perekonomian masyarakat sekitar dan perlu saya tekankan sekali lagi bahwa stasiun butuh sangat potensial nah jadi perlu garis bawahi tu. Stasiun kutoarjo masih berada dalam DAOP 5 (Daerah operasional 5) Purwokerto.

stasiun kutoarjo merupakan salah satu dari sekian banyak daerah yang memiliki rel ganda, stasiun kutoarjo bisa dikatakan sebagai pusat stasiun di Kabupaten purworejo,

   STASIUN KUTOARJO

terlepas dari terlampau tua stasiun purworejoyang notabene adalah stasiun yang cukup bersejarah yang memiliki bangunan yang cukup kuno, namun menurut penilaian saya entah mengapa stasiun butuh jauh lebih terlihat kuno dibanding yang lainya.

Salah satu faktor yang membesarkan stasiun kutoarjo dalam beberapa tahun terakhir belakangan ini adalah hadirnya KA pramek, yang akhirnya dapat mengakrabkan masyarakat di sekitar kabupaten purworejo

khususnya masyarakat kebumen, karena saya yakin jika tidak ada pramek yang melalui stasiun kutoarjo maka stasiun kutoarjo hanya ramai pada musim libur saja.

pasalnya kabupaten kebumen belum memiliki rel ganda yang dapat menampung KA pramek, kereta masal yang sangat sibuk. Stasiun kutoarjo memiliki 2 (dua) toilet umum, 1 (satu) mushola yang sangat kecil, dan

STASIUN KUTOARJO

memiliki 4 (empat) rel yang sering digunakan untuk transit penumpang dan beberapa rel di luar 4 (empat) rel lainnya digunakan untuk keperluan perpidahan jalur KA dan parkir KA, meskipun rel pertama stasiun kutoarjo jarang sekali di gunakan.

mekipun stasiun kutoarjo sudah cukup untuk memenuhi aktivitas sampai saat ini namun Siapa tau PT.KAI berminat buat stasiun baru selain 4 (emapat) stasiun di atas. :D atau bahkan merenovasi stasiun kutoarjo untuk memaksimalkan kenyamanan meskipun kondisi saat ini dapat dikatakan sangat baik tapi tidak ada salahnya bagi PT.KAI untuk merenovasi stasiun kutoarjo.

14 komentar:

  1. i love you kutoarjo..love ibu endarwati. from bitung sulut.

    ReplyDelete
  2. love mbk Nok, Mas Wa2n, Budhe Wal....dll.

    ReplyDelete
  3. gw klo ngapelin cewek ane yang dikebumen naik prameks dari klaten turun di stasiun ini :>)

    ReplyDelete
  4. waktu kecil ak sering nyari jangkrik disini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang mungkin udah jarang kang nar...

      thank for comments

      Delete
  5. mas kalo dari stasiun kutoarjo mau menuju ke magelang, bisa naek apa aja mas?
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kendaraan umum paling mudah menggunakan bus, jika agan/sis dari stasiun kutoarjo maka bergeraklah ke utara hingga ada perempatan dan seberanglah jalan tersebut, maka agan/sis akan sampai di terminal kutoarjo.

      admin kurang tau apakah bus2 umum yang menuju solo akan lewat magelang atau tidak, tapi ane pernah ke semarang naik bus sumber alam, cuma 50 meter timur terminal kutoarjo, ambil aja bus arah semarang nanti pasti lewat magelang..

      atau bisa tanya di terminal, yakin ga bakal kesasar, enjoy traveling :) salam

      Delete
  6. Jadi inget dulu tiap berangkat sekolah dan pulang sekolah selalu lewat stasiun ini, salam dari cah kutoarjo bagian kidul bos :D

    ReplyDelete
  7. TARIF PARKIR MOTOR DI STASIUN KUTOARJO BERAPA? APA DI KENAKAN TARIF PROGRESIF PER JAM ?? APA TARIF FLAT STANDAR ?? MOHON PENCERAHANNYA ...THANKS

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung ditanyakan aja gan, ane juga kurang paham.. sebelah kantor pos ada penitipan motor kayaknya lebih aman karena di dalam rumah..

      Delete
  8. Misi numpang tanya kalo jurusan ke magelang jam segini masih ad tidak y?

    ReplyDelete
  9. Misi numpang tanya kalo jurusan ke magelang jam segini masih ad tidak y?

    ReplyDelete