Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia

Pertanian Indonesia telah dikenal oleh dunia secara luas, negara kita ini memang mendunia sejak ber abad abad silam.

Sumber kekayaan indonesia memang sangat besar, harus dikelola dengan benar dan bijak, untuk mendapatkan hasil yang melimpah :)

Informasi pertanian Indonesia saat ini sangat mudah untuk di akses, salah satu situs yang menyediakan kiat kiat dalam pertanian adalah Agroteknologi.web.id

Mengulang sejarah di masa silam kedatangan bangsa belanda ke bumi Nusantara tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memonopoli hasil bumi Ibu Pertiwi.


Dahulu kita dikenal sebagai penghasil bumbu dapur terbesar di dunia, salah satunya yakni pala.

Beberapa abad setelah penjajahan oleh Belanda Indonesia pun merdeka dengan membawa semangat dari sebuah negara agraris maka di masa pemerintahan Presiden Soeharto Indonesia pernah mengalami swasembada beras.

Saat ini ilmu pertanian memang sangat beragam, ini tidak terlepas dari peran peneliti dalam dan luar negeri untuk mengembangkan ilmu pertanian.

Sumber daya yang luas serta keragaman flora dan fauna dan kekayaan hayati Indonesia semestinya bisa dimanfaat kan dengan lebih bijaksana.

Kita tahu bahwa sebagian besar mayoritas pekerjaan rakyat kita adalah sebagai petani, peran dan jasa petani memang tidak bisa di pandang sebelah mata.

Semestinya di era yang serba teknologi dan modern ini, banyak pihak yang seharusnya membantu dalam mensukseskan para petani.

Saya pribadi berterimakasih sekali kepada agroteknologi.web.id karena menurut saya website ini menyediakan kiat kiat bertani lumayan lengkap.

Dalam hal secara luas maka manfaat dari ilmu pertanian akan mampu diserap secara menyeluruh hingga pelosok Ibu Pertiwi.

Lebih Dekat Dengan Agroteknologi.web.id


Di website agroteknologi  kita akan belajar banyak mengenai budidaya dan pemanfaatan sumber daya alam.

Agroteknologi.web.id merupakan salah satu website dari ilmu pertanian yang memiliki artikel yang sangat banyak.

Ternyata Istilah ilmu pertanian sangat luas lho, ada yang namanya. Ilmu pertanian intensif, agribisnis, teknik cangkok, teknik stek, teknik batang, organik, ekstensif, subsitem, alga, hidroponik, aeroponik, holtikultura, agroekosistem, pupuk, pestisida, kontemporer, tumpang sari dan saya pusing :p.

Sebanyak itu lah materi yang ada dari pertanian, belum lagi belajar mengenai budidaya tanaman, kalian bisa belajar secara tahap demi tahap di agroteknologi.web.id

Sampai saat ini agroteknologi.web.id baru berumur dua bulan dan mungkin saat anda membaca ini umurnya telah lebih dari dua bulan, namun sudah sangat banyak sekali ilmu yang bisa kita serap disana.

Saya sangat mengapresiasi sekali usaha dari team agroteknologi.web.id

Oh iya salah satu artikel yang saya suka disana adalah mengenai jamur tiram dan cabai..

Ya jujur saya memang sangat tertarik sekali usaha bisnis jamur timur dan kebetulan sekali temen saya juga ada yang telah terjun ke dalam bisnis jamur tiram.

Jadi saya rasa sangat cocok untuk memahami lebih dalam mengenai budidaya jamur tiram.

Secara umum dalam ilmu tani kalian pasti akan belajar mengenai istilah kontemporer.

Sumber Informasi Pertanian Kontemporer


Dikutip dari laman Wikipedia Istilah dari pertanian kontemporer sebanarnya merujuk pada abad ke 20, pada masa itu bahwa telah terjadi peningkatan dari penggunaan pupuk kimia.


Meningkat pula dari penggunaan pestisida, mekanisasi serta pembiakan selektif, pada saat itu penggunaan pupuk kimia memang sangat membuat petani bahagia.

Bahkan dengan pengolahan yang tepat pada masa Presiden Soeharto, padi Bumi Pertiwi berhasil swasembada.

Pupuk kimia pada saat itu memang menjadi program pemerintah untuk meningkatkan produktifitas pertanian.

Yang dirasa masih kurang dari yang semestinya..

Namun selang jangka panjang sebagian kecil dari peneliti baru sadar akibat penggunaan dari sistem ini, karena pada masa tertentu akan mebuat produktifitas dari tanah akan turun secara drastis.

Ini juga berimbas pada Ph tanah dan hilangnya ekosistem pendukung akibat pupuk kimia, ditambah lagi penggunaan pestisida yang berlebihan ikut mendorong memburuknya kondisi tanah petani.

Memang  pada akhirnya banyak sekali pemerhati perkebunan dan pertanian dari dalam dan luar negeri, sehingga banyak timbul istilah baru.

Seperti pupuk organik, pupuk kompos, aeroponik, hidroponik, akuakultur, akuaponik, tumpang sari dsb.

Tipe Informasi Pertanian Di Indonesia


Ada beberapa tipe pertanian di indonesia, namun pada umumnya secara garis besar ada 11.

1. Akuakultur (Budi Daya Perairan)
2. Akuaponik
3. Hewan Ternak
4. Hidroponik
5. Penggembalaan Hewan
6. Perkebunan
7. Peternakan Babi
8. Peternakan Domba
9. Peternakan Susu
10. Peternakan Unggas
11. Peladangan  

Materi Apa Yang Di Bahas Di Agroteknologi.web.id


Budidaya, Mikrobilogi, Ilmu Tanah, Hama & Penyakit, Klasifikasi Tanaman, Pemulian tanaman: Genetika, Kultur Jaringan, Teknologi Pertanian: Teknologi Pasca Panen, Teknologi Pertanian, Pasca panen.

Banyk kan? so stay tune terus bagi kalian yang memang concern di bidang pertanian serta budidaya tanaman.

Ilmu itu kadang mahal bro, mumpung ada yang share gratis, telen aja semua, semoga bisa menambah pengetahuan dan refrensi.

Artikel ini diperlombakan untuk mengikuti kontes seo Agroteknologi.web.id

1 komentar: